Alhamdulillaah. Kabar gembira kembali hadir bagi kaum muslimin tanah air, khususnya para thullabul ilmi di tengah semaraknya geliat belajar Islam dan bahasa arab akhir-akhir ini. Kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah agama dan bahasa arab sekaligus menimba ilmu di luar negeri wa bil khusus  jantungnya umat Islam, Arab Saudi semakin terbuka lebar.
Alu Mudarris Blog mendapat informasi dari The Arabic Language Institute for Non – Arabic Speakers atau Lembaga Bahasa Arabnya KAU bagi selain pengguna Bahasa Arab di halaman resminya kau.edu.sa bahwa pendaftaran program diploma bahasa arab (2 tahun) untuk tahun akademik 1434/1435 H telah dibuka. Pendaftaran ini terhitung mulai hari Senin, 15 April 2013 sampai satu bulan ke depan.
Dengan demikian, bagi ikhwah yang berminat agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk segera mengajukan permohonan. Untuk pengisian formulir via online, silakan buka http://marz.kau.edu.sa/ESurvey-633-%D9%85%D8%B9%D9%87%D8%AF%20%D8%A7%D9%84%D9%84%D8%BA%D8%A9%20%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%B1%D8%A8%D9%8A%D8%A9%20%D9%84%D9%84%D9%86%D8%A7%D8%B7%D9%82%D9%8A%D9%86%20%D8%A8%D8%BA%D9%8A%D8%B1%D9%87%D8%A7.aspx
Persyaratan Pendaftaran:

1. Kandidat/pemohon harus berusia antara17-25 tahun.
2. Pemohon harus menyediakan dokumen yang diperlukan, dan mendapatkan pernyataan yang menunjukkan persetujuan negaranya untuk belajar di KSA (Kingdom of Saudi Arabia).
3. Pemohon tidak boleh menerima tawaran beasiswa dari Lembaga Saudi yang lain.
4. Pemohon harus menyertakan pernyataan resmi perilaku yang baik dan tidak pernah dihukum karena tindak pidana (SKCK).
5. Pemohon belum pernah diberhentikan dari salah satu Lembaga Pendidikan Saudi.
6. Semua Dokumen harus disahkan sesuai dengan peraturan universitas.
7. Calon harus lulus pemeriksaan medis.
8. Pemohon harus memperoleh Sertifikat Menengah Umum (Ijazah SMA) atau yang setara.Hak istimewa untuk Calon Mahasiswa:1. Mendapatkan perawatan medis yang layak sebagaimana Mahasiswa Saudi.
2. Diberikan tunjangan saku dua bulan setelah tiba, dan tunjangan tiga bulan pada saat kelulusan.
4. Mendapat hak yang sama selama belajar sebagaimana mahasiswa Saudi.
5. Mendapat subsidi makan sesuai dengan peraturan Universitas.
6. Mendapat akomodasi penuh dari universitas dalam pendidikan dan orientasi.
7. Tiket pesawat ditanggung oleh universitas. Jika seandainya tiket tidak keluar, KAU akan memberikan kompensasi ganti biaya tiket kepada mahasiswa yang membeli tiket mereka sendiri segera setelah memberikan bukti yang memuaskan.

Dokumen yang diperlukan:

1. Salinan Ijazah yang diakui yang telah dilegalisir.
2. Salinan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
3. Surat rekomendasi beasiswa dari Lembaga yang diakui secara resmi.
4. Sertifikat Perilaku Baik (atau dokumen yang setara)/SKCK.
5. Bukti terbaru pemeriksaan medis SKKes.
6. Salinan paspor yang masih berlaku.
7. 3 Foto terakhir (6×4 cm.).
8. Surat persetujuan (rekomendasi) dari negara asal calon mahasiswa.
9. Alamat permanen.

Catatan:
*deadline berkas 15 mei 2013
* Semua dokumen disimpan dalam format (PDF) lalu kirim ke: ali@kau.edu.sa
* Pengajuan dokumen yang tidak lengkap tidak dianggap.
* Tentang detail program dan persyaratan selengkapnya bisa Anda lihat di http://ali.kau.edu.sa/Content.aspx?Site_ID=973&lng=AR&cid=229322
Semoga informasi ini bisa memotivasi para penuntut ilmu agar segera mempersiapkan diri menyambut kesempatan emas ini dengan harapan mampu menjadi wasilah bagi mereka untuk menajamkan pengetahuan bahasa arab sebagai bekal memperdalam ilmu syar’i. Semoga kelak sumbangsih ilmunya akan menjadi pelita yang terang di masyarakat guna mengajak mereka kembali ke jalan yang lurus. Tak lupa, mari kita doakan semoga para ikhwah dimudahkan dalam mengurus dan mendapat taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sumber : http://kakustadz.blogspot.com/2013/04/beasiswa-diploma-bahasa-arab-2-tahun-di.html#ixzz2R6gJZqGu

Iklan